Kamis, 24 Mei 2012

Mengaktifkan Menu Bar Developer Visual Basic Application (VBA)

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan pada kalangan industry bahkan dalam dunia pendidikan juga banyak digunakan terutama pada dunia kampus yang biasa merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diprogramkan.

Tentunya pada tutorial ini saya tidak akan menjelaskan secara detail(struktur, istilah dll) bahasa pemrogram Visual Basic, tetapi lebih menjelaskan bagaimana mengaplikasikan Visual Basic pada aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007, khusus tutorial ini akan membahas bagaimana mengaktifkan menu bar Developer, membuka, menutup, menyimpan, dan bekerja dengan bahasa pemrograman Visual Basic, dan mendesain soal pilihan ganda interaktif. Penjelasan-penjelasan tersebut akan saya bahas perlahan-lahan.

Sebagai pembahasan awal, saat ini saya akan membahas bagaimana caranya mengaktifkan fungsi Visual Basic Application (VBA) yang secara standar oleh MO PowerPoint 2007 disembunyikan. Berikut ini secara sistematis mengaktifkan aplikasi Visual Basic pada PowerPoint 2007:
  1. Klik Office Button
  2. Klik PowerPoint Options
  3. Muncul kotak dialog PowerPoint Options
  4. Klik Popular
  5. Beri tanda contreng pada Show Developer tab in the ribbon di top options for working with PowerPoint
  6. Akhiri klik Ok
  7. Silahkan perikasa hasil kerja Anda (cari menu: Developer, Sudah aktif? Selamat.
Mengaktifkan lembar kerja VBA untuk MO PowerPoint 2007 :
  1. Klik menu Developer
  2. Pilih dan Klik Visual Basic (Sub menu Developer)
  3. Anda akan dibukakan halaman kerja Microsoft Visual Basic-Presentation1, yang terpisah dengan halaman kerja PowerPoint 2007 akan tetapi tetap satu bagian yang tidak terpisahkan
  4. Sampai di sini trik mengaktifkan VBA untuk PowerPoint 2007 , selanjutnya kita akan bahas VBA PowerPoint 2007: membuka, menutup, menyimpan, dan bekerja dengan bahasa pemrograman Visual Basic,
Di kutip dari: http://bugishq.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar