Kamis, 24 Mei 2012

Presentasi Berjalan Otomatis

Dalam dunia pendidikan khususnya pada proses belajar mengajar di kelas ada yang namanya proses penguatan yang bertujuan memberikan motivasi dll kepada siswa, penguatan yang dimaksud adalah suatu proses yang diberikan oleh guru kepada siswa, banyak cara yang bisa dilakukan seperti memberikan semangat dengan ungkapan atau kata-kata positif atau mendekati siswa lalu menepuk-nepuk pundak siswa.


Lalu bagaimana jadinya kalau seorang guru yang menggunakan sebuah media pembelajaran berbasis presentasi dengan aplikasi powerpoint. Apakah bisa? Memberikan penguatan sambil memberikan motivasi kepada siswanya atau pulang balik antara mendekati siswa lalu kembali lagi ke media presentasi yang mau dijalankan. Kalau hal ini terjadi alangkah beratnya seorang guru yang harus bolak-balik menjalankan presentasi kemudian mendekati siswa lagi.
Pada tutorial kali ini saya akan memberikan tips untuk mengurangi beban seorang guru atau pemateri untuk tidak susah menghadapi permasalahan-permasalahan di atas, dimana seorang guru hanya tinggal menjelaskan materi pelajaran sambil memberikan motivasi kepada siswa yang ada disekitarnya dan media presentasi tetap jalan secara otomatis.

Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka file media presentasi powerpoint 2007 Anda
  2. Hitunglah waktu yang Anda butuhkan untuk menjelaskan materi pada media presentasi Anda, misalnya Anda membutuhkan waktu 2 menit tiap slide. Lanjutkan dengan meng-klik Animation pada Toolbar (Gambar bag. 1)
  1. Beri tanda centang pada kotak Automatically After di Advance Slide (Gambar bag. 2) lalu berikan waktu pada tiap slide (Gambar bag. 3, waktu = 2 menit)
  2. Akhiri dengan mengklik Apply to All,
    klik ini bertujuan untuk memberlakukan bahwa waktu slide aktif akan berpindah ke halaman slide selanjutnya adalah sekitar 2 menit dan berlaku untuk semua slide (cukup waktu menjelaskan materi dan mendekati siswa). Artinya, jika Anda mempunyai file yang memiliki slide sebanyak 5 halaman, maka dibutuhkan waktu 10 menit untuk aktif atau slide show, lalu kembali lagi ke halaman kerja powerpoint ditambah dengan waktu yang Anda berikan pada animasi teks atau gambar. Jadi total waktu semuanya lebih dari 10 menit.
Catatan:
Bila Ada animasi pada pada slide Anda, maka animasi tersebut akan berjalan otomatis bukan lagi di klik baru akan berjalan walaupun Anda memberikan perintah pada animasi tersebut On Click.
Selain tips di atas, Anda dapat juga menggunakan mouse yang berfungsi sebagai remote control.
Di kutip dari: http://bugishq.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar